WORLD CLEAN DAY & PENGABMAS

Dipublikasikan oleh admin bem pada

Seiring gemparnya gerakan save earth memunculkan gerakan zero waste atau aksi bebas sampah plastik. Salah satu upaya mewujudkan zero waste tersebut tentunya dimulai dari diri sendiri, diantaranya dengan mengurangi penggunakan benda berbahan dasar plastic sekali pakai yang sulit terurai oleh tanah.

Untuk mendukung gerakan tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang mengajak seluruh elemen Poltekkes Kemenkes Semarang untuk turut serta dalam World Cleanup Day pada 21 September 2019. Kegiatan yang diikuti oleh pengurus BEM bersama dengan UKM Sabdapala dan UKM Pramuka, serta mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang tersebut dilaksanakan di Bukit Andong, Magelang. Kegiatan diawali dari pendakian via Sawit dan bersih gunung oleh 180 peserta melalui dinamika kelompok.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus direalisasikan terutama bagi mahasiswa. Dengan menggaet BEM Poltekkes Kemenkes Surakarta dan BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, kami menyelenggarakan pengabdian masyarakat di Dusun Sawit, dengan sasaran warga sekitar Bukit Andong. Kegiatan diawali dari pembukaan oleh Bapak Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Semarang, penyerahan plakat kegiatan kepada Kepala Dusun Sawit. Kemudian dilangsungkan pembagian sembako oleh BEM Poltekkes Kemenkes Semarang, promosi kesehatan dan pembagian jamu gratis dari BEM Poltekkes Surakarta, pelayanan kesehatan umum oleh BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, akupuntur oleh BEM Poltekkes Surakarta, lalu ditutup dengan pembagian TOGA (Tanaman Obat Keluarga).

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menorehkan pengalaman semata bagi seluruh peserta yang mengikuti, namun juga mampu mendatangkan kebermanfaatan bagi diri sendiri, orang lain, dan institusi.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *